Header Ads Widget

Ticker

Strategi Bekerja Secara Efektif dan Efisien

Strategi Bekerja Yang Efektif dan Efisien - Bekerja efektif disebut juga doing the right things. Sedangkan bekerja efisien adalah doing things right.



Berikut ini adalah strategi-strategi yang dapat diterapkan dalam bekerja.

1. Set your goal

Sebelum mulai bekerja, anda harus menentukan tujuan untuk bekerja. Tujuan ini akan menjadi dasar untuk terus menghasilkan karya setiap harinya. Buatlah target selama setahun, lalu turunkan target-target tersebut menjadi target yang harus dicapai setiap bulan. Ini akan menjadi langkah awal bagi kamu untuk bekerja.

2. Membuat timeline

Dengan membuat timeline, anda akan memiliki acuan waktu untuk bekerja. Buatlah lama pengerjaan dan kapan deadline dari pengerjaan harus selesai. Buatlah timeline berdasarkan kemampuan anda dalam bekerja. Jika bisa dipercepat untuk selesai kenapa tidak?

3. Dahulukan apa yang memang harus didahulukan

Pemilihan mana yang penting dan mendesak sangatlah dibutuhkan dalam bekerja. Coba untuk dahulukan apa yang harus didahulukan dan dahulukanlah hal yang bersifat urgent yang harus segera diberikan solusi dan penyelesaiannya.

4. Increase your workspeed

Point ini merupakan kelanjutan setelah membuat goal dan timeline. Banyak orang yang santai waktu diawal namun pada saat sudah mendekati deadline mereka mulai sibuk dan ketetaran. Untuk mengatasi hal tersebut kamu harus bisa meningkatkan kecepatan kerja kamu. Jika pekerjaan yang seharusnya diselesaikan selama satu minggu tetapi bisa diselesaikan selama 2 hari, bukankah itu bagus? Sehingga kamu bisa melakukan hal-hal yang lain. Saya sendiri sedang dalam tahap pembelajaran untuk bisa menerapkannya. Trust me, you will get benefit if you can increase your workspeed.

5. Be wise to use your Time

Jangan buang-buang waktu. Karena waktu tidak akan kembali lagi, dia akan pergi dan takkan kembali. Jangan main facebook atau twitter atau sosial media lainnya saat kamu sedang bekerja. Fokuslah, selama anda bekerja. Kalian bisa bekerja dengan cepat dan juga bisa menggunakan waktu dengan lebih produktif.

6. Konsentrasi dan Cermat

Konsentrasi dan kecermatan juga punya pengaruh penting. Jangan hanya mengandalkan “Yang penting selesai dengan cepat”. Konsentrasilah saat bekerja dan evaluasilah hasil pekerjaan secara cermat setelah bekerja agar yang sudah anda kerjakan terlihat profesional.

7. Delegate itu juga penting

Delegasikan tugas ke tim jika anda bekerja dalam tim, karena bagaimanapun juga ini akan membuat pekerjaanmu menjadi lebih mudah dan menjadi lebih cepat selesai.

8. Anggap sebagai tantangan

Yes, it’s a challenge..!!! Jangan menganggap setiap pekerjaan atau masalah adalah sebuah beban. Layaknya sebuah film, akan menjadi lebih seru jika pemerannya menghadapi banyak tantangan. Begitu juga dengan kehidupan, tantangan itulah yang membuat seru kehidupan kita. Dan karena tantangan itulah, sikap dan karakter kita akan terasah menjadi lebih tajam.
Jangan pernah katakan “Terpaksa untuk dikerjakan”

Salam Sukses Bisnis itu Mudah,,, !!!

Strategi Bekerja Yang Efektif dan Efisien

Post a Comment

0 Comments